News Update :
Home » » contoh makalah kuliah bisnis

contoh makalah kuliah bisnis

Penulis : sekilas-info on Minggu, 11 Maret 2012 | 2:55 AM


PELUANG BISNIS
"PERCETAKAN"



LOGO AMIKOM





Disusun Oleh :
Sani Muhlison-11.11.5140
S1-TI-08


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM
YOGYAKARTA
2012


ABSTRAK
            Didaerah sekitaran kampus merupakan tempat yang strategis untuk berwirausaha atau berbisnis. Apalagi saat ini hampir setiap tugas mahasiswa yang dikumpulkan harus dalam bentuk cetakan (di print). oleh karena itu usaha yang sangat cocok ialah dengan membuka tempat percetakan dan fotocopy-an yang dilengkapi dengan peralatan yang modern sehingga bisa mempermudah konsumen dan mempercepat waktu pengerjaan.
            Meskipun modal yang dibutuhkan lumayan, tetapi usaha ini sangat menjanjikan. bahan yang dibutuhkan tidaklah terlalu mahal, namun hanya peralatannya saja yang agak mahal. Usaha ini merupakan usaha yang bisa dikatakan usaha jangka panjang karena peralatan yang ada bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, kecuali jika ada kendala-kendala yang tidak terduga.
            Percetekan yang dibahas disini yaitu pengeprint-an, fotocopy-an, penjilid-an dan masih banyak lagi yang lainnya. selain itu, kita bisa juga menambahkan dengan menyediakan peralatan-peralatan percetakan seperti mika, staples, penjepit, dan masih banyak yang lainnya. Jadi selain kita mendapatkan untung dari hasil cetak foto, ngeprint dan fotocopy serta penjilid-an, kita juga akan mendapatkan untung dari hasil penjualan tersebut.
            Apabila kita mempunyai modal yang lebih, kita juga bisa membayar beberapa orang untuk menjaga dan melayani konsumen dari usaha percetakan kita itu, sehingga kita tidak perlu melakukannya sendiri. Selain itu jika ingin mengembangkan usaha kita itu, kita juga bisa mendirikan usaha percetakan lagi di daerah sekitaran kampus lain.



ISI
            Usaha percetakan merupakan usaha yang sangat cocok didaerah sekitar kampus, karena semakin banyak mahasiswa disuatu kampus tersebut maka peluang untuk berhasil semakin besar. Apalagi tidak semua mahasiswa mempunyai alat cetak sendiri. Alat cetak yang mungkin harus disediakan adalah sebagai berikut :
1.  3 - 6 buah Komputer.
2.  3 - 6 buah printer (di usahakan ada 1 printer yang sekalian ada scaner-nya).
3.  1 buah mesin fotocopy.
4.  Peralatan menjilid.
5.  Meja dan tempat.
6.  Peralatan pelengkap lainnya.
            Tidak banyak peralatan yang harus disediakan, jadi untuk mendirikan sebuah percetakan kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan perlatan yang harus disediakan karena perlatannya cukup simple dan tidak butuh terlalu banyak. Misal saja komputer, kita cukup menyediakan 3 - 6 buah saja, tidak seperti mendirikan warnet. kita harus menyediakan banyak komputer.
            Penghasilan tergantung dari banyaknya konsumen yang menggunakan jasa percetakan kita. semakin banyak konsumen maka keuntungan akan semakin banyak dan modal kita akan cepat kembali. Untuk mendapatkan banyak konsumen, kita harus membuat konsumen merasa puas. Kepuasan konsumen bisa saja dari bagaimana sikap kita melayani konsumen, kecepatan dalam memproses, serta kelengkapan dan kebebasan konsumen. Tujuan dari penyediaan komputer adalah supaya konsumen bisa merasa bebas.
            

           


REFERENSI
http://adeesign.com/percetakan/bisnis-percetakan.html





keywoard :
makalah kuliah bisnis, contoh makalah bisnis, makalah bisnis
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

1 Agustus 2012 pukul 07.16

mantap bang,,, izin share

Posting Komentar

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger